Tips untuk Melatih Bayi agar Cepat Pandai Duduk

Anda tentu menginginkan agar bayi dapat menjalani tumbuh kembang yang optimal sesuai usianya. Bayi mulai pandai telungkup, duduk, merangkak, dan berjalan. Kepandaian bayi untuk duduk perlu Anda latih agar dapat berlangsung dengan cepat. Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan untuk melatih agar bayi cepat pandai duduk.

  1. Mulai Ketika Bayi Sudah Bisa Menyangga Kepala

Latihan duduk pada bayi sudah bisa Anda mulai jika bayi telah mampu menyangga kepalanya. Masa ini berlangsung pada umumnya saat bayi berusia 3-4 bulan. Pada usia ini bayi sudah bergerak sangat aktif dan menandakan keseimbangan tubuhnya mulai berkembang dengan baik.

  1. Dimulai dari Pangkuang

Latihan duduk pada bayi bisa Anda awali dengan mulai mendudukkan bayi Anda di pangkuan. Kemudian tangan Anda siaga untuk menopang punggung bayi yang masih lemah. Lakukan latihan ini saat pagi hari sehabis mandi dan juga sore harinya.

  1. Dudukan Bayi Sendiri

Jika otot pada leher bayi sudah menjadi lebih kuat dan punggungnya mampu berdiri sendiri. Anda bisa melatihnya duduk dengan sendiri tanpa di pangkuan. Anda bisa coba mendudukkan bayi di atas kasur ataupun di pojok sofa. Cukup lakukan beberapa menit dengan dengan pengawasan Anda. Jangan lakukan di lantai karena dapat membahayakan bayi Anda.

  1. Bentuk Kaki dengan Huruf V

Ketika bayi sudah tidak canggung didudukkan di sofa atau pun kasur, Anda bisa dudukan bayi dengan posisi kakinya berbentuk huruf V. Posisi kaki ini akan membantu menjaga keseimbangan tubuhnya. Cara ini bisa Anda lakukan dengan meletakkan mainan di depannya. Kemudian letakkan bantal di setiap sisi bayi sebagai penyangga jika bayi Anda rebah.

 

Pada tahap ini Anda tetap harus mengawasi bayi jangan meninggalkannya karena akan berisiko pada bayi. Anda cukup melakukannya selama 5-10 menit saja sebagai latihan atau sampai bayi merasa tidak nyaman.

  1. Latihan dengan Tangan

Langkah selanjutnya dalam melatih bayi untuk duduk adalah dengan menggunakan tangannya untuk menopang tubuh. Caranya setelah bayi diposisikan duduk, letakkan tangan bayi pada kasur atau pun sofa untuk menopang tubuhnya. Anda awasi dan coba pelan-pelan untuk mengangkat salah satu tangan bayi.

Anda perlu melakukan latihan ini dengan rutin. Setelah bayi dapat duduk tanpa bantuan tangan, meskipun tidak lama. Langkah selanjutnya Anda melatih punggung bayi untuk dapat tegak selama duduk dan juga kepalanya yang tegak. Lakukan latihan ini dengan memberikan bantal pada bagian punggung bayi Anda.

Melatih bayi duduk harus dilakukan dengan sabar karena Anda melakukan latihan pada otot-ototnya. Selain melakukan latihan ini, Anda juga harus memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Berikan bayi susu formula atau pun makanan pendamping ASI bergizi yang bisa Anda dapatkan dengan harga lebaran sale hingga 20% di orami.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.