Tips Alami Untuk Menghilangkan Varises

Varises itu apa sih? Perlu diketahui, bahwa varises adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan munculnya urat-urat di area kaki yang berwarna biru kehijauan hingga keunguan. Urat-urat tersebut terlihat menonjol sangat jelas, dikarenakan adanya pelebaran serta pembengkakan pada pembuluh darah vena. Tentu saja kondisi dapat menghambat aktifitas, sehingga harus segera ditangani sebelum terjadi hal-hal yang lebih buruk lagi. Ada beragam faktor yang menjadi penyebab dari munculnya varises seperti gen (keturunan), usia, jenis kelamin (kebanyakan wanita), kehamilan, berat badan yang berlebihan, malas bergerak, hingga cedera pada kaki. Nah, berbicara soal cara menghilangkan varises, berikut di bawah ini ada beberapa tips alaminya yang harus kamu coba :

  1. Menggunakan Biji Tomat

Tips alami pertama yang bisa kamu coba untuk mengobati varises, yakni dengan menggunakan biji tomat. Berdasarkan dari hasil penelitian, biji tomat ini mempunyai kandungan asam salisilat yang berperan sebagai antioagulan. Nah, hal tersebutlah yang bertugas untuk mencegah pembekuan darah, sehingga peredaran darah akan kembali normal. Siapkan beberap buah tomat yang masih segar, kemudian blender sampai halus dan sisihkan kedalam wadah. Selanjutnya, oleskan biji tomat tersebut pada area yang terkena varises dan diamkan semalaman. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari selama 2 bulan.

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Selain biji tomat, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan varises tersebut. Ya, minyak zaitun ini mempunyai sifat antiinflamasi dan sensasi sejuk, yang dapat membantu untuk mengurangi pelebaran pembuluh darah. Bukan hanya itu saja, minyak zaitun juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang mampu meningkatkan aliran darah pada pembuluh vena. Cara penggunaannya pun sangat mudah, panaskan minyak zaitun diatas mangkuk, oleskan pada kulit yang terkena varises, dan diamkan selama beberapa menit. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari selama 2 bulan. 

  1. Menggunakan Kubis

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal pada jenis sayuran yang satu ini? Ya, pastinya kita sudah sangat mengenal betul dengan kubis. Berdasarkan dari hasil penelitian, kubis ini kaya akan kandungan antioksidan serta fitokimia yang dapat membantu dalam pembekuan darah. Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, siapkan 3 lembar kubis, potong kecil-kecil, kemudian blender sampai halus. Jika sudah demikian, saring dan ambil ekstrak jus dari daun kubisnya, lalu oleskan ke bagian tubuh yang terkena varises, dan diamkan semalaman. Agar hasilnya lebih sempurna, gunakan ekstrak kubis ini sebanyak 3 kali dalam sehari. Dengan begitu, maka varisesnya akan mengecil dan berangsur-angsur sembuh lho. 

  1. Menggunakan Bawang Putih

Tips alami berikutnya yang bisa kamu coba untuk menghilangkan varises, yakni dengan menggunakan bawang putih. Ya, tak sulit bagi kita untuk menjumpai keberadaan bumbu masakan yang satu ini baik dirumah, maupun di warng-warung terdekat. Mengenai caranya, siapkan 5 siung bawang putih, cincang sampai halus, lalu tambahkan minyak zaitun sebanyak 2 makan. Selain itu, tambahkan juga dengan perasan air jeruk nipis secukupnya, dan aduk-aduk agar tercampur merata. Oleskan ramuan tadi pada bagian tubuh yang terkena varises, diamkan semalaman, dan lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari selama 1 bulan. 

Nah, itulah beberapa tips alami yang ampuh untuk menghilangkan varises. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.