Ragam Manfaat Teh Hijau dari Kesehatan hingga Kecantikan

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang terkenal dengan khasiatnya sebagai antioksidan. Selain mampu merelaksasi tubuh, teh hijau banyak dimanfaatkan untuk menyehatkan tubuh sekaligus merawat diri. Lalu, seperti apakah manfaatnya? Inilah serangkaian manfaat teh hijau yang saat ini semakin diminati.

  1. Menurunkan Kolesterol

Tingkat kolesterol yang tinggi juga sangat berpengaruh buruk untuk kesehatan. Orang yang mempunyai kolesterol tinggi akan lebih berisiko mengalami beberapa gangguan kesehatan, di antaranya jantung koroner, diabetes, dan obesitas.

Untuk menurunkan kolesterol yang tinggi, Anda bisa mengonsumsi teh hijau dengan teratur, minimal 2 kali setiap harinya. Alasannya, teh hijau mengandung flavonoid yang mampu memecah lemah, sehingga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun atau kekebalan tubuh yang normal dan stabil, tentu akan memperkuat pertahanan tubuh terhadap berbagai sumber penyakit. Salah satu khasiat teh hijau adalah meningkatkan sistem imun hingga optimal, sehingga bisa konsisten untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Menurut salah satu hasil penelitian dalam Jurnal Psycopharmacology terbitan tahun 2014, ditemukan bahwa teh hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif manusia, khususnya daya ingat. Tim peneliti tersebut juga menyatakan bahwa teh hijau bisa mengobati gangguan kognitif yang berkaitan dengan gangguan neuropsikiatri, misalnya demensia.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Menjaga kesehatan sangat perlu dilakukan, termasuk mencegah penyakit kanker. Khasiat teh hijau sebagai antioksidan bisa mencegah tumbuh dan berkembangnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Zat antioksidannya mampu menangkal radikal bebas yang bisa memicu timbulnya sel kanker.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Risiko penyakit jantung akan lebih besar karena beberapa hal. Terlepas dari seberapa besar risikonya, mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi risikonya. Manfaat teh yang satu ini didukung oleh zat antioksidan yang bertugas memecah lemak LDL atau kolesterol jahat sebagai awal timbulnya penyakit jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat, kencang, dan bersih tanpa noda dan kerutan, merupakan impian setiap orang, terlebih bagi wanita. Kesehatan kulit ini dapat dioptimalkan dengan mengonsumsi teh hijau yang berkhasiat mampu mengencangkan kulit, menghilangkan kerutan, menyamarkan noda hitam, dan mengurangi sebum di wajah. Perawatan internal dengan teh hijau ini sangat efektif.

  1. Toner Kulit Alami

Manfaat berikutnya adalah sebagai toner kulit yang alami. Teh hijau yang difungsikan sebagai toner kulit alami tersebut mampu mengangkat kotoran pada kulit, mengecilkan pori-pori kulit, serta menjaga kulit agar senantiasa dapat terhidrasi. Dengan demikian, kulit tetap sehat dan kencang.

  1. Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah persoalan kulit yang serius dan dalam jangka panjang apabila dibiarkan secara terus menerus. Dengan demikian, perlu suatu tindakan untuk mengatasinya, tanpa menimbulkan bekas. Teh hijau menjadi solusi alami yang aman dengan khasiat dari dalam untuk mengatasi jerawat.

Katekin sebagai zat anti bakteri dalam teh hijau dapat mengendalikan ketidakseimbangan hormon serta meredakan inflamasi yang memicu jerawat. Komponen EGCG (Epigallocatechin gallate) juga berfungsi mengatasi jerawat dengan memodulasi objek molekuler intraseluler.

  1. Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata yang mengganggu kenyamanan dan penampilan juga dapat dihilangkan dengan mengonsumsi teh hijau. Kandungan tannin dan antioksidannya mampu mengencangkan kulit dan menghindrasi, sehingga kerutan dapat menghilang. Kulit juga menjadi berseri kembali.

  1. Mengatasi Masalah Rambut

Terakhir, manfaat dari teh hijau adalah mengatasi masalah rambut. Khasiat tersebut ada karena terdapat polifenol serta vitamin E dan C di dalam teh hijau. Senyawa DHT (Dihydrotestosterone) di dalamnya mampu mengatasi kerontokan rambut.

Demikianlah rangkaian manfaat teh hijau untuk tubuh. Kesehatan akan terjaga dengan rutin mengonsumsinya. Tubuh Anda akan rileks sekaligus lebih sehat. Metabolisme tubuh lebih terjaga dan lebih bugar. Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan produk teh hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.