Perhatikan 4 Hal Ini Saat Membeli Mobil Sport Bekas

Tak hanya keren, namun juga penuh tenaga ketika digunakan untuk berkendara di jalan raya. Jadi siapa sih yang tidak ingin memiliki mobil sport? Meski jenis mobil ini bayak disukai, namun tidak semua orang mampu membelinya karena harganya yang mahal. Bagi sebagian orang, solusinya adalah membeli yang bekas. Nah berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli.

  1. Kelengkapan Surat Kendaraan

Ketika hendak memutuskan untuk membeli mobil sport bekas, pastikan bahwa semua kelengkapan surat kendaraan tersebut seperti SNTK dan BBKB berada di tangan sang penjual. Jangan sampai mobil yang Anda pilih memiliki masalah legalitas. Jika tak ada surat yang sah, maka tak ada yang bisa menjamin apakan mobil tersebut merupakan barang selundupan atau tidak.

Pasalnya, pada umumnya kendaraan roda 4 berjenis sport bodong atau yang tidak dilengkapi dengan surat yang sah cenderung akan dijual dengan harga yang relatif lebih murah. Harga murah tersebut biasanya akan diberikan dalam bentuk diskon. Untuk itu Anda perlu berwaspada bilamana sang penjual menawarkan hal yang demikian.

  1. Ketahui Masalah yang Sering Muncul

Sama halnya dengan mobil lain pada umumnya. Beberapa jenis mobil tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak terkecuali untuk mobil berjenis sport yang dipatok dengan harga tinggi. Untuk itu hal paling utama yang perlu Anda perhatian adalah melakukan riset secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas tersebut.

Misalnya ada beberapa mobil jenis sport kelas premium yang memiliki masalah pada aki. Mengapa bisa demikian? Pasalnya hal ini berhubugan dengan sistem kelistrikan mobil yang sudah menggunakan teknologi komputer. Teknologi yang demikian tentu membuat jenis mobil yang satu ini membutuhkan stand by power agar sistem kelistrikan mobil dapat tetap menyala.

  1. Mobil Bekas Eropa Vs Jepang

Pabrikan jenis mobil sport yang akan Anda beli juga merupakan salah satu hal yang patut untuk diperhitungkan sebelum menjatuhkan pilihan. Mobil yang dibuat oleh pabrikan Jepang biasanya tidak memilki banyak masalah. Pasalnya hal ini disebabkan karena keadaan iklim negara Jepang dan Indonesia hampir sama.

Lain halnya dengan mobil buatan Eropa. Jenis mobil yang satu ini tentunya dirancang dan disesuaikan dengan wilayah beriklim dingin. Hal inilah yang menjadi faktor utama penyebab masalah yang sering muncul. Terlebih lagi kondisi seperti ini juga menyebabkan komponen berbahan dasar karet cenderung akan lebih cepat rusak karena suhu panas di Indonesia.

  1. Wajib Test Drive Terlebih Dahulu

Para pemilik mobil jenis sport tentunya sering mengetes kendaraannya di jalan raya dengan kecepatan yang tinggi. Terlebih lagi mobil yang dipacu dengan kecepatan yang cukup tinggi tentunya lebih rawah terjadi kecelakaan. Hal ini tentunya sering kali akan menyebabkan performa dan kualitasnya menurun drastis. Bahkan terkadang mungkin sudah tak layak pakai lagi.

Meski mobil jenis sport pilihan Anda tampak bagus dan baik-baik saja dari luarnya, namun Anda juga perlu memeriksanya secara mendalam. Untuk itu sebelum memutuskan membeli, sangat penting bagi Anda melakukan test drive terlebih dahulu. Hal ini merupakan cara yang paling efektif untuk meyakinkan diri bahwa mobil incaran Anda masih layak untuk dipakai.

Nah itu beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli mobil sport bekas. Pastikan Anda menerapkan poin di atas agar tak menyesal nantinya. Selain itu sangat direkomendasikan bagi Anda untuk membeli mobil jenis sport dari Toyota. Pasalnya mobil pabrikan Jepang cenderung lebih cocok dengan iklim di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.