Kenali 5 Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi

Musim mudik sebentar lagi tiba. Perantau bisa pulang kampung berkumpul bersama keluarga, teman, dan sahabat. Mudik bagian dari mengobati rasa rindu kepada orang-orang tersayang. Mudik sendiri identik dengan tradisi rutin masyarakat Indonesia, entah itu saat idul fitri atau merayakan kebersamaan saat tahun baru. Mudik itu berasal dari bahasa Jawa Mulih Dhisik yang artinya pulang sebentar ke kampung halaman.

Tips Aman Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

Untuk mudik ada banyak sekali berbagai pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan. Mulai dari transportasi umum hingga kendaraan pribadi. Kalau mau merasa enak saat perjalanan sih mendingan pakai kendaraan pribadi. Namun, mudik dengan kendaraan pribadi memiliki risiko yang tinggi daripada kendaraan memakai kendaraan umum.

Risiko seperti terkena macet hingga rasa mengantuk biasanya akan menyerang. Nah, untuk mengatasi hal tersebut yuk simak tips aman mudik menggunakan kendaraan pribadi di bawah ini.

  • Periksa Kondisi Kendaraan

Sebelum mudik ke kampung halaman, sebaiknya periksa dulu kondisi kendaraan Anda, baik secara manual oleh diri sendiri maupun servis ke bengkel. Karena kondisi kendaraan yang bagus mempengaruhi keselamatan Anda selama di perjalanan. Jangan sesekali meremehkan hal ini, karena banyak terjadi kecelakaan di jalan yang disebabkan kondisi kendaraan kurang layak dipakai mudik.

  • Hindari Mengangkut Penumpang Melebihi Kapasitas

Untuk keselamatan dalam perjalanan mudik, sebaiknya Anda tidak membawa penumpang yang melebihi kapasitas kendaraan. Pada dasarnya semua kendaraan telah didesain untuk membawa beban sesuai kapasitas masing-masing. Jika kendaraan pribadi Anda kelebihan beban maka berpotensi pada keselamatan penumpang.

  • Bawa Uang Tunai Secukupnya

Membawa uang tunai untuk bekal mudik di perjalanan itu sangatlah penting. Karena belum tentu Anda menemukan mesin ATM di setiap jalan yang Anda lewati. Toko-toko yang menjual makanan di pinggir jalan juga belum tentu dapat dibayar menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Oleh sebab itu, lakukan perhitungan kisaran uang yang dibutuhkan untuk bekal di perjalanan.

  • Bawa Makanan dan Minuman Secukupnya

Kemacetan saat musim mudik tiba bisa terjadi di mana saja dan tidak bisa diprediksi. Ketika macet tiba bisa saja Anda akan merasa kelaparan. Maka dari itu, membawa makanan dan minuman sebelum keberangkatan sebaiknya Anda lakukan. Masalahnya jika kemacetan itu terjadi di jalan tol jarang sekali ada minimarket.

Demikianlah tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi. Untuk spesifikasi mobil yang nyaman digunakan mudik, salah satu rekomendasinya ialah Daihatsu Sirion. Mobil itu menawarkan kenyamanan mudik mulai dari kondisi kendaraan yang prima, kabin kendaraan yang luas, serta jok yang empuk sangat cocok digunakan dalam perjalanan yang sangat lama. Kemudian dari segi tenaga mobil sirion tentu tidak perlu diragukan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.