Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil agar Tetap Kinclong

Jika Anda termasuk orang yang resik, maka sudah jadi barang tentu bahwa kendaraan Anda akan selalu dijaga kebersihannya. Namun ternyata ada juga bagian mobil yang sulit untuk dibersihkan seperti mesin mobil. Sebenarnya bagaimana sih cara membersihkan ruang mesin mobil dengan benar? Nah berikut merupakan beberapa tips membersihkan bagian mesin mobil dengan tepat.

Persiapan

Hal paling utama yang perlu Anda lakukan ketika hendak membersihkan bagian mesin mobil adalah melakukan persiapan. Ketika hendak mencucinya pastikan mesin mobil sudah dalam keadaan hangat. Jadi jika mesin mobil Anda dalam keadaan dingin sebaiknya panaskan terlebih dahulu dan diamkan sejenak hingga menjadi hangat. Pastikan untuk melakukannya dengan benar.

Cek Kelistrikan Mobil

Sebelum memutuskan untuk membersihkan bagian mobil, pastikan bahwa semua mesin kendaraan sudah dalam keadaan mati. Pasalnya hal ini akan sangat berbahaya jika bagian mesin tersebut terkena air dalam kondisi yang menyala. Selain itu, Anda bisa menghidupkan mesin terlebih dahulu untuk memudahkan proses pelepasan kerak-kerak yang menempel pada mesin mobil.

Bungkus dengan Plastik untuk Bagian Elektrik

Ketika mobil sudah dalam keadaan hangat dan semua sistem kelistrikan sudah mati, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membungkus semua perangkat elektrik menggunakan plastik agar tidak kemasukan air selama proses pencucian berlangsung. Pasalnya jika bagian ini terkena air tentunya akan sangat berbahaya.

Selain menggunakan plastik, Anda juga bisa membungkus bagian elektrik mesin kendaraan ini dengan menggunakan aluminium foil atau bahan apa saja. Hal terpenting adalah bagian perangkat elektrik tersebut tetap aman dan tidak terkena air.

Pilih Bagian yang Mudah Terlebih Dahulu

Ketika hendak membersihkan bagian mesin mobil, pastikan Anda membersihkannya mulai dari bagian yang paling mudah terlebih dahulu. Pastikan untuk membersihkan bagian kap mobil terlebih dahulu. Semprot bagian tersebut menggunakan air agar bersih keseluruhan. Namun pastikan untuk tidak menyemprotnya menggunakan air bertekanan tinggi.

Tetap Berhati-hati Selama Membersihkannya

Untuk bagian inti mesin sendiri, cara membersihkan ruang mesin mobil adalah dengan menggunakan cairan engine degreaser untuk membersihkan bagian mesinnya. Anda bisa menyemprotkan cairan engine degreaser pada bagian inti mesin yang terkena noda. Pasalnya cairan yang satu ini sangat ampuh untuk membersihkan berbagai noda membandel.

Setelah membersihkan bagian inti mesin menggunakan engine degreaser, pastikan untuk membersihkannya dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Untuk meratakan cairan engine degreaser, Anda bisa menggunakan kuas untuk menyapukan cairan ke seluruh bagian mesin yang memiliki noda banyak noda membandel.

Pembilasan Mesin Mobil

Saat membilas cairan engine degreaser pada bagian inti mesin, pastikan untuk menggunakan spray agar air yang keluar tidak terlalu deras dan terciprat ke mana-mana. Sambil menyeprotkan air untuk membilas cairan tersebut, Anda juga bisa lap mesin mobil terutama untuk bagian yang terkena noda yang membandel.

Jika masih ada noda yang tertinggal pada bagian mesin, Anda juga bisa menggunakan sikat yang ditambah dengan sabun colek untuk membersihkan bagian yang bernoda tersebut. Sikatlah bagian yang terkena noda tersebut. Namun pastikan untuk melakukannya secara hati-hati agar noda tidak merembes ke sistem kelistrikan mobil dan dapat menyebabkan kerusakan.

Nah di atas merupakan cara membersihkan ruang mesin mobil dengan baik dan benar. Pastikan Anda memperhatikan hal di atas agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan mengingat mesin mobil merupakan komponen utama dari kendaraan itu sendiri. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan berbagai tips menarik lainnya seputar mobil hanya di mobil88.astra.co.id.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.