Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

BPJS Kesehatan Online adalah salah satu kemudahan yang ditawarkan pemerintah untuk masyarakat Indonesia. Seperti yang telah diatur oleh perpu nomor 12 tahun 2013, dimana warga Indonesia diwajibkan untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Bagi Anda yang belum memiliki kartu BPJS Kesehatan Anda diharuskan untuk segera mendaftarkan diri, karena di tahun 2019 pemerintah mengharuskan semua warga Indonesia sudah terlindungi oleh BPJS Kesehatan.

Bila Anda kesulitan untuk mendaftarkan diri Anda ke BPJS, Anda dapat menyimak penjelasan dibawah ini. Pendaftaran BPJS Kesehatan sangatlah mudah karena pemerintah memberikan layanan BPJS Kesehatan Online, sehingga memungkinkan masyarakat melakukan pendaftaran secara online.

Berikut langkah-langkah pendaftaran BPJS Kesehatan Online secara resmi:

  1. Kunjungilah situs BPJS Kesehatan Online, usahakan untuk mengakses situs ini menggunakan komputer. Bila Anda menggunakan HP akan sulit untuk mengisi data- data dan sangat besar kemungkinan terjadi kesalahan saat melakukan input, bila menggunakan komputer Anda akan semakin mudah dalam pengisian data dan minim terjadinya kesalahan input data.
  2. Dihalaman pertama ini, Anda akan dimintai persetujuan persyaratan dan ketentuan dari pihak BPJS Kesehatan. Baca dengan teliti dan cermat sebelum Anda melanjutkan ketahap selanjutnya, setelah Anda selesai membacanya contreng kotak dan lanjutkan ke “Pendaftaran”.
  3. Disini Anda akan disuruh untuk memasukkan DIP (Data Isian Peserta), isilah jenis kepesertaan sebagai anggota mandiri dan nomor KK (Kartu Keluarga).
  4. Setelah Anda mengisikan nomor Kartu Keluarga, maka layar Anda akan otomatis menampilkan seluruh anggota yang berada pada Kartu Keluarga Anda tersebut. Saat layar itu muncul maka maka semua anggota yang ada dalam kartu keluarga tersebut akan menjadi peserta BPJS Kesehatan.
  5. Berikutnya akan muncul beberapa kolom dimana Anda akan dianjurkan untuk mengisi data, data tersebut meliputi kontak Anda atau nomor HP Anda, kemudian NPWP, serta Anda juga harus mengisikan alamat Anda. gunakan alamat asal Anda atau kelurahan asal, berilah tanda centang pada kotak pernyataan apabila alamat yang Anda gunakan sesuai dengan alamat KTP Anda.
  6. Selanjutnya Anda akan diharuskan untuk memilih faskes Anda, pilihlah faskes 1 Anda yang paling terjangkau dari rumah Anda. Faskes 1 ini berguna sebagai rujukan pertama apabila Anda harus berobat ke rumah sakit. Anda bisa menunjuk instansi, dokter yang menerima BPJS, atau puskesmas sebagai faskes 1 nya.
  7. Diproses ini, Anda akan disuruh untuk mengunggah foto Anda. Kami menganjurkan untuk menggunakan foto terbaru Anda, lalu masukkan data- data yang dibutuhkan. Seperti kelas perawatan yang Anda inginkan, nomor rekening bank yang dimiliki beserta dengan nama pemiliknya. Alamat email yang digunakan untuk konfirmasi, usahakan untuk menggunakan alamat email asli Anda yang tidak ada kemungkinan lupa password. Setelah itu isilah nomor handphone untuk konfirmasi dan info- info yang nanti bisa saja dikirim oleh pihak BPJS.
  8. Setelah proses diatas selesai, Anda akan mendapatkan konfirmasi melalui email. Di email itu akan memperlihatkan URL yang mengarahkan Anda untuk aktivasi keanggotaan Anda di BPJS Kesehatan. Konfirmasi email tersebut, kemudian Anda akan mendapatkan VA (virtual account). Virtual account itu bisa Anda gunakan untuk membayar BPJS Kesehatan setiap bulannya, setelah Anda sudah membayar Anda akan mendapatkan e-ID yang mana bisa Anda cetak ke kartu sementara. Untuk mencetak ke kartu permanen Anda perlu ke kantor BPJS, begitulah proses pembuatan BPJS Kesehatan Online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.