Biografi Singkat Iman Usman

Iman Usman merupakan salah satu founder dari ruangguru. Sebuah aplikasi yang membantu kebutuhan Anda yang memerlukannya untuk pendidikan. Aplikasi ini merupakan kategori perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di wilayah Indonesia yang fokusnya pada pendidikan. Anda bisa memilih guru sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini biografi singkat dari founder ruangguru ini.

  1. Biodata Diri

Iman lahir di Kota Padang, Sumatera Barat pada tanggal 21 Desember tahun 1991. Iman asli berdarah minang dengan nama lengkapnya Muhammad Iman Usman. Beliau adalah seorang tokoh muda yang sukses di kalangannya sebagai seorang pengusaha. Aktivis juga dia geluti dan juga aktif di berbagai forum nasional sampai internasional.

  1. Pendidikan

Iman menyelesaikan studinya di SMA Negeri 1 Padang pada tahun 2009. Setelah itu langsung menyambung pendidikannya ke Universitas Indonesia dengan jurusan Ilmu hubungan internasional. Gelar S1 selesai pada tahun 2013.

Begitu selesai beliau langsung melanjutkan pendidikan ke Columbia University di New York dengan jurusan Internasional Education Development yang selesai pada tahun 2014. Bisa dilihat dari track record pendidikannya Iman anak yang cerdas dan tepat waktu dalam menyelesaikan semua tingkat pendidikannya.

  1. Aktivitas dan Prestasi

Aktivitas Iman sejak usianya masih sepuluh tahun ia sudah aktif di kegiatan sosial yaitu membuka sebuah perpustakaan gratis. Perpustakaan ini didedikasikan untuk anak-anak yang tidak mampu. Ia memulainya dengan meletakkan rak bukunya di teras rumahnya.

Dari kecil ia sudah memiliki jiwa sosial yang memikirkan orang lain dalam segi pendidikan. Usahanya ini mulai membuahkan hasil dengan datangnya berbagai sumbangan buku untuk dibaca anak-anak yang ada di sekitar rumahnya.

Pada tahun 2009 beliau dan rekannya mendirikan sebuah organisasi Indonesian Future Leaders. Organisasi yang bergerak di bidang pemberdayaan pemuda untuk menciptakan perubahan sosial. Setelah itu Iman Usman mendirikan parlemen muda Indonesia yang menjadi wadah parlementer dan politik untuk anak muda di Indonesia.

Kedua organisasi ini membuat namanya semakin bersinar secara nasional bahkan sampai ke internasional. Pada tahun 2009 juga Iman terpilih untuk menjadi bagian dari sepuluh penerima penghargaan World Youth Achiever Recognition.

Sebuah penghargaan yang diberikan oleh Friendship Ambassador Foundation Amerika Serikat. Bersamaan dengan itu juga menjadi Penasehat Remaja United Nations Population Fund Indonesia. Bahkan di tahun yang sama Iman juga meraih prestasi sebagai Duta Muda ASEAN.

Setelah itu di tahun 2010 Iman mendapatkan penghargaan aktivitas kepemudaannya dari Ashoka Young Changemaker Award.  Di tahun berikutnya 2011, Iman mendapatkan kembali penghargaan dari Microsoft Bloggership. Tidak hanya itu pada tahun 2011 founder ruangguru ini juga mendapatkan penghargaan Global Teen Leader  dan ASEAN Youth Award.

Prestasinya terus terukir dengan terpilih sebagai mahasiswa terbaik dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2012. Setelah melanjutkan pendidikan ke Amerika dari hasil beasiswa Iman terus saja mengukir prestasi.

Iman juga mendapatkan penghargaan Global Laureate Education Fellow dari Youth Action Net and Laureate Education dan Young Innovator to Watch dari UNICEF. Setelah kembali dari Amerika beliau mulai membangun platform ruangguru bersama rekannya Adamas Belva Devera yang bergerak di bidang pendidikan dan teknologi.

Bimbingan belajar online yang dibangun iman sangat membantu kesusahan para orang tua dalam membimbing anaknya untuk belajar di rumah. Anda bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti bimbingan belajarnya dengan lebih mudah. Ruangguru dapat diikuti dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang ada di Indonesia

Berbagai informasi lainnya terkait Iman Usman bisa Anda ketahui dengan mengunjungi opini.id. Anda bisa melihat bagaimana ruangguru mampu membatu kebutuhan belajar dari rumah dengan lebih efektif dan efisien. Kualitas gurunya pun sudah diakui dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.