Bakar Lemak hingga Cegah Diabetes, Berikut Manfaat Jalan Kaki selama 30 Menit, Yuk Lakukan!

Tubuh yang bugar dan perasaan yang senang merupakan dambaan dari setiap orang. Banyak yang melakukan olahraga berat hingga ringan untuk memperoleh tubuh yang sehat. Tapi, tahukah kamu bahwa hanya dengan jalan kaki selama 30 menit setiap harinya dapat membuat tubuh bugar serta perasaan yang senang?

Berjalan kaki merupakan olahraga yang sering direkomendasikan oleh dokter. Karena olahraga ringan tersebut bisa dilakukan siapa saja, mulai dari yang tua hingga muda, berbadan gemuk maupun kurus. Olahraga murah tersebut hanya membutuhkan sepasang sepatu yang nyaman atau sepatu olahraga dan tentu saja niat.

Namun terkadang beberapa orang mulai menurunkan niatnya dan merasa bosan atas kegiatan tersebut. Jika kamu terbiasa mengonsumsi cokelat maupun secangkir kopi untuk membangkitkan kembali mood yang jelek, maka hanya dengan jalan kaki kamu juga bisa mengembalikan mood yang buruk. Berjalan kaki dapat menjadi alternatif yang lebih sehat dengan pengaruh yang sama baiknya dengan mengonsumsi coklat, yaitu memperbaiki suasa hati.

Dr Melina B. Jamplis, seorang penulis buku The Docktor on Demand Diet mengatakan, sebuah penelitian menunjukkah bahwa rutin berjalan kaki akan mengubah sistem syaraf. Sehingga kita akan merasakan penurunan rasa marah dan kebencian. Jadi, untuk kamu yang mudah marah dan sering membenci sesuatu atau seseorang, berjalan kaki akan mengurangi dua hal buruk tersebut.

Pernahkah kamu merasa kehabisan ide untuk pekerjaan atau sesuatu yang akan kamu lakukan? Jika pernah atau bahkan sering, maka berjalan kaki adalah hal yang harus kamu coba untuk menyegarkan kembali pikiran dan kerja otak. Bagi yang sedang menjalani diet atau yang bermasalah dengan berat badan berlebih, tentu saja akan melakukan apapun untuk mengurangi lemak dalam tubuh.

Pelatih kebugaran Ariel Lasevoli mengatakan bahwa berjalan kaki dengan rutin dapat memperbaiki respon tubuh terhadap insulin, yang akan mengurangi lemak di perut. Ariel juga menambahkan bahwa jalan kaki setiap hari adalah olahraga dengan resiko rendah yang berarti aman untuk siapapun. Dan berjalan kaki juga bisa membakar kalori dan mencegah hilangnya masa otot.

Jadi jika kamu ingin menurunkan ukuran celanamu, jangan lupakan jalan kaki setiap hari. Selain tubuh yang bugar, setelah rutin berjalan kaki dengan rutin, pencernaan juga akan membaik, dan kamu akan merasakan buang air besar lebih lancar. Setiap jenis latihan olahraga pada dasarnya akan meningkatkan gerakan usus, sehingga mencegah sembelit.

Para ahli di Asosiasi Diabetes Amerika menyatakan, berjalan kaki dapat menurunkan kadar gula darah sehingga risiko terkena diabetes menurun. Bahkan, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari yang dilakukan selama 5 hari dalam seminggu juga dapat menurunkan risiko terkena penyakin jantung sebanyak 30 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah olahraga. Semakin bertambahnya usia, risiko mengalami varises pembuluh darah juga makin besar.

Dengan berjalan kaki, risiko tersebut bisa dicegah. Berjalan kaki dapat memperkuat sistem sirkulasi vena yang berada di sekitar kaki dan telapak kaki. Aliran darah pun lebih lancar dan otot kaki lebih kuat.

Bila sudah terlanjur memiliki varises, maka rutin jalan kaki akan mengurangi bengkak dan juga pegal di kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.