6 Kunci Sukses Manajemen Keuangan agar Bisnis Berkembang

Fungsi manajemen keuangan dalam berbisnis sangatlah penting. Sistem manajemen keuangan yang baik akan mendukung kelangsungan bisnis dengan pencapaian optimal. Oleh karena itu, terapkan pengaturan finansial terbaik untuk bisnis Anda. Penasaran seperti apa? Inilah beberapa kunci sukses mengatur keuangan agar bisnis terus berkembang.

  1. Memisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Pemisahan antara keuangan pribadi dan bisnis adalah poin utama yang harus dilakukan dalam mengatur keuangan. Tujuannya agar terlihat jelas besaran dana awal yang digunakan untuk berbisnis. Lebih dari itu, pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis juga akan lebih jelas dan tidak tumpang tindih. Jadi, tentukan modal utama untuk bisnis, kemudian pisahkan.

Mengenai pemakaian pendapatan dari bisnis, Anda bisa memperoleh persentase dari pendapatan kotornya untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Selebihnya, gunakan pendapatan tersebut untuk dikelola kembali dalam bisnis. Perlu diketahui pula bahwa prinsip pemisahan ini berlaku untuk berbagai skala bisnis. Meskipun usaha kecil, tetap harus dipisahkan antara dua jenis kebutuhan itu.

  1. Membuat Rencana Keuangan yang Efisien

Efisiensi adalah kunci kesuksesan dari setiap hal. Dalam berbisnis, diperlukan rencana keuangan yang efisien demi dapat mengoptimalkan dana yang dimiliki untuk operasional perusahaan. Dengan perencanaan pemakaian dana setepat mungkin, Anda akan mengutamakan pemenuhan kebutuhan yang berkualitas.

Itu artinya, Anda akan memilih kegiatan konsumsi yang bermanfaat yaitu mendukung operasional bisnis. Agar mampu membuat rencana keuangan yang efisien ini, Anda perlu melakukan pendataan kebutuhan pokok dan tambahan. Setelah itu, pilihlah produk yang berkualitas dan tentukan range dana di setiap produk.

Setelah dijumlahkan, Anda dapat menganalisa lagi antara cost dan benefit-nya. Usahakan agar manfaatnya lebih besar dibandingkan cost atau biayanya agar pemakaian dana yang hemat dapat mengoptimalkan produktivitas perusahaan.

  1. Membuat Laporan Keuangan yang Rapi dan Akurat

Pengelolaan keuangan yang transparan sangat dibutuhkan agar mengetahui dengan pasti berapa besar konsumsi dan pendapatan perusahaan. Hal ini sangat penting agar dapat memantau efisiensi biaya operasional perusahaan sekaligus menilai apakah bisnis yang dijalankan itu untung atau rugi. Anda juga dapat melihat seberapa besar potensi bisnis yang dimiliki dari tingkat pendapatan.

Untuk itu, buatlah laporan keuangan yang sistematis, sehingga bisa tersusun rapi dan penghitungannya akurat. Jadi, catatlah setiap transaksi keuangan agar tidak ada yang terlewat. Dengan cara ini, semua pemakaian dana akan terkontrol dan semua pendapatan akan tercatat. Jika dilakukan secara konsisten, kemajuan bisnis akan terjamin.

  1. Memantau dan Mengevaluasi Arus Kas

Manajemen keuangan yang lancar akan terlaksana dengan memantau serta mengevaluasi arus kas. Jadi, Anda sebagai pelaku bisnis harus memperhatikan laju aliran kas agar selalu balance dan lancar.

Menurut metode akuntansi, apabila perputaran arus kas yang stabil dan terhitung cepat, maka keuangannya sehat. Anda juga harus memastikan terdapat persediaan barang dan peralatan yang berkualitas. dengan demikian, terjadilah kelancaran operasional yang mendukung keoptimalan laju arus kas.

  1. Menghindari Risiko Hutang Usaha

Selain mempersiapkan pengelolaan keuangan yang efisien dan akurat, Anda juga harus menghindari risiko hutang usaha. Jika ingin mengajukan pinjaman, maka usahakan mengambil jumlah pinjaman yang sesuai kapasitas keuangan perusahaan.

Meskipun demikian, usahakan agar Anda bisa mengelola keuangan lebih baik agar tidak memerlukan pinjaman lagi. Pengoptimalan potensi pasar dan kerja sama dengan investor tentu bisa membantu.

  1. Menyiapkan Dana Darurat

Bagaimanapun juga, risiko bisnis akan tetap ada. Anda tidak dapat menghindari risiko sepenuhnya, namun dapat meminimalisir. Menyiapkan dana darurat sangat penting untuk membentuk dana cadangan jika terdapat defisit keuangan perusahaan. Adanya dana darurat ini akan menyelamatkan operasional perusahaan agar kembali normal.

Serangkaian tips manajemen keuangan di atas memang sangat membantu Anda mengelola bisnis. Kondisi keuangan akan lancar karena pemakaian yang efisien. Tak hanya itu, kecerdasan menekan risiko keuangan juga tak boleh dilupakan karena merupakan aspek pentingnya. Semua itu akan berjalan lancar dengan rencana keuangan yang jelas, efisien, dan penuh pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.