5 Tips Membuat Artikel yang Search Engine Optimization Friendly

Dalam pengembangan bisnis sekarang ini, banyak perusahaan yang memiliki website tersendiri untuk mendukung bisnisnya. Cara mengembangkannya adalah dengan mengunggah konten yang search engine optimization friendly. Artikel yang SEO friendly mampu memicu banyak trafik masuk. Tapi, bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly?

  1. Tentukan Keyword yang Memiliki Volume Pencarian Tinggi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat artikel yang SEO friendly adalah dengan menentukan keyword lebih dulu. Anda bisa cari kata kunci mana saja yang sering dicari oleh audiens Anda pada mesin pencarian. Dengan begitu, Anda bisa mengidentifikasi siapa target audiens dengan kata kunci yang Anda gunakan.

  1. Ciptakan Artikel yang Solutif dan Dibutuhkan Target Anda

Mesin pencari Google biasanya akan mencatat kepuasan pengguna atas hasil yang mereka lakukan. Nah, rekam kepuasan ini didapat berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Salah satunya adalah mengenai berapa jumlah artikel yang dibagikan oleh pengguna hingga berapa lama waktu yang mereka habiskan untuk membaca artikel tersebut.

Dengan begitu, setelah sebagian besar pembaca tertarik dengan artikel yang Anda miliki, maka dapat dikatakan artikel yang Anda sajikan memenuhi ekspektasi pengguna. Dari sinilah Google akan memberikan tambahan poin jika artikel Anda memenuhi ekspektasi pengguna. Selain itu, cobalah untuk cantumkan konten dengan isi yang lengkap.

  1. Letakkan Focus Keyword Secukupnya

Menggunakan focus keyword memang sangat penting untuk bisa mendapatkan rangking yang tinggi dalam mesin pencarian. Hanya saja, bukan berarti Anda boleh menggunakannya secara berlebihan. Sebab, bila digunakan secara berlebihan pun, maka kualitas artikel tersebut malah akan menurun.

Terlepas dari ketentuan yang ditetapkan oleh search engine optimization atau SEO, ada baiknya Anda tetap membuat artikel yang logis serta senatural mungkin. Dengan begitu, pembaca akan bisa menikmatinya.

  1. Gunakan Kaidah Penulisan yang Benar

Untuk bisa menciptakan artikel yang berkualitas, Anda butuh pengetahuan dasar terkait kaidah penulisan yang benar. Dengan begitu, ketika artikel tersebut dipublikasikan, maka pembaca akan menilai bahwa artikel Anda adalah artikel yang profesionalitasnya tinggi. Kalau sudah begini, reputasi Anda pun akan terbangun dengan baik.

Biasanya, sebelum di-posting, artikel akan melalui proses edit lebih dulu oleh editor profesional. Hal ini bertujuan untuk memeriksa dan memperbaiki artikel. Namun, kalau Anda melakukannya sendiri, ada baiknya Anda mempelajari kaidah penulisan yang benar lebih dulu.

  1. Tautkan Artikel dengan Link

Ketika membuat artikel yang mau dipublikasikan secara daring, maka Anda pelu menyertakan link di dalamnya. Mau itu link internal atau eksternal, Anda bisa memasukkannya. Tujuan dari link ini adalah agar ada sumber informasi lebih lanjut dari artikel terkait topik yang dibahas.

Link internal biasanya merujuk pada artikel lain yang masih ada di website yang sama. Sementara untuk link eksternal mengarah pada link yang bersumber dari website lain. Masing-masing jenis link ini memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi dari link internal adalah untuk mengajak pembaca melakukan eksplorasi lebih dalam pada website.

Sementara untuk link eksternal, fungsinya adalah untuk membangun kepercayaan pembaca terhadap website Anda. Sebab, dengan link ini, Anda memiliki referensi yang cukup atas artikel tersebut. Tentunya, sumber link eksternal ini harus terpercaya.

Nah, itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan artikel yang search engine optimization friendly. Anda bisa mengimplementasikannya pada website Anda untuk keperluan usaha maupun lainnya. Dengan begitu, penjualan atau pemasaran dari website Anda akan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.