5 Tanda Motor Harus Segera Diservis di Bengkel Motor

Anda pasti tahu, setiap barang yang biasa dipakai pasti akan rusak atau lemah pada waktunya. Seperti itu jugalah motor. Ada waktu kapan di mana sepeda motor Anda wajib dibawa ke bengkel motor terdekat untuk diservis. Tujuannya tentu saja agar Anda bisa tetap nyaman dalam berkendara dan tetap selamat pula. Lalu, apa tanda motor Anda harus diservis?

  1. Suara Mesin yang Terdengar Kasar

Salah satu tanda bahwa motor Anda harus segera diservis adalah suara mesin yang terdengar kasar. Hal ini bisa terjadi di jenis motor mana saja, baik itu motor matic ataupun yang manual. Biasanya, suara kasar ini diakibatkan oleh keausan pada busi dan klep bahan bakar yang tak terpasang dengan sempurna.

Selain itu, keadaan ini juga kadang disebabkan oleh kualitas bahan bakar yang Anda pilih tidak sesuai standar. Tak masalah Anda memilih bahan bakar dengan harga murah. Hanya saja, pastikan bahwa bahan bakar Anda tidak dicampur dengan air sehingga akan merusak kendaraan Anda.

  1. Tarikan Berat

Tanda lain bahwa motor Anda harus segera dibawa ke bengkel terdekat adalah tarikannya yang berat. Tarikan yang berat ini bisa jadi indikasi bahwa motor anda memang sudah saatnya diservis karena busi yang lemah, silinder yang kotor atau karburator yang kemasukan air atau oli.

  1. Boros BBM

Tanda lain yang bisa jadi indikasi bahwa motor Anda wajib dibawa ke bengkel sepeda motor adalah boros BBM. Keadaan ini biasanya dialami oleh motor jenis matik. Sebenarnya, ada beberapa hal yang menyebabkan motor ini boros BBM. Misalnya saja penyetelan sistem karburator dan ECU yang tak tepat, knalpot free flow hingga ban kempis.

  1. Mengeluarkan Asap Putih atau Hitam

Tanda lain yang bisa jadi indikasi bahwa motor Anda mengalami kerusakan dan wajib dibawa ke bengkel untuk kendaraan motor terdekat adalah sudah mengeluarkan asap putih ataupun hitam. Ini adalah tanda yang paling mudah dideteksi dibanding tanda yang lain. Ada banyak hal yang menyebabkan asap keluar dari knalpot motor.

Misalnya saja lubang silinder yang sudah haus. Bisa juga dikarenakan dengan terlalu banyak pelumas oli atau penggunaan oli yang kurang berkualitas dan sudah lama. Jika hal ini Anda biarkan, motor Anda bisa rusak, lho! Tak mau, kan? Oleh sebab itu, segeralah bawa motor Anda ke bengkel.

  1. Sudah Dipakai 2.000 KM

Ini adalah tanda yang cukup mudah juga yang bisa dideteksi. Motor Anda sudah dipakai melebihi 2.000 km. Kadang memang tidak akan menyebabkan masalah yang berarti. Namun, untuk berjaga-jaga, ada baiknya Anda tetap menyervis motor bila sudah melewati jarak ini, ya!

Nah, apakah motor milik Anda sudah menunjukkan tanda-tanda di atas? Jika iya, segeralah datangi bengkel motor terbaik untuk menyervis kendaraan Anda. Tak mau, kan motor Anda malah rusak lebih parah? Jika Anda membutuhkan tips lain mengenai motor atau bengkel, tak usah ragu kunjungi Moladin.com, ya! Ada banyak tips yang bisa ditemukan di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.