5 Fakta Penting Tentang Vaksin Kutil Kelamin yang Jarang Diketahui

Vaksin HPV sering juga disebut sebagai vaksin kutil kelamin. Penyakit kutil kelamin timbul akibat infeksi virus HPV. Penyakit kutil kelamin yang tidak segera diobati dapat berdampak buruk sehingga menjadi penyakit menular seksual. Pada dasarnya penyakit tersebut dapat dicegah dengan menggunakan vaksin HPV. Inilah beberapa fakta penting tentang vaksin HPV.

  1. Vaksin HPV Ideal untuk Diberikan pada Anak

Tidak hanya untuk orang tua dan orang dewasa, vaksin HPV ini juga sangat ideal untuk diberikan kepada anak-anak pada usia 11-12 tahun. Vaksin ini ideal untuk diberikan kepada anak-anak dengan anggapan bahwa anak pada usia tersebut belum aktif melalukan hubungan seksual.

  1. Vaksin HPV Tidak Menimbulkan Menopause Dini

Anda tidak perlu khawatir saat ingin menggunakan vaksin HPV agar tercegah dari penyakit menular seksual sebeb vaksin HPV tidak mengakibatkan menopause dini. Hingga saat ini belum ada bukti yang menyatakan bahwa vaksin HPV dapat menyebabkan menopause dini yang terjadi di bawah usia 40 tahun.

  1. Vaksin HPV Tidak Memiliki Efek Samping yang Berbahaya

Pada umumnya seseorang yang baru saja suntik vaksin HPV akan mengalami beberapa efek samping seperti demam, raum merah dan fatal pada area kuali, hingga mual. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab efek samping ini tak berbahaya dan hanya berlangsung sementara.

  1. Tetap Perlu Melakukan Pap Smear

Meskipun Anda sudah suntik vaksin HPV, Anda juga perlu untuk melakukan pap smear. Vaksin HPV memang dapat menggantikan fungsi dari pap smear sebagai deteksi dini atau tindakan sel-sel kanker serviks pada wanita. Namun pap smear juga sangat dianjurkan bagi wanita yang sudah menginjak 21 tahun dan sudah aktif berhubungan seksual.

  1. Laki-Laki Juga Baik Diberi Vaksin HPV

Biasanya orang beranggapan bahwa vaksin HPV maupun vaksin kutil kelamin hanya diperuntukan bagi wanita saja. Vaksin HPV juga dapat diberikan untiuk pria. Vaksin HPV untuk pria sensiri berfungsi untuk mengurangi risiko terkenanya kutil kelamin, kanker tenggorokan, maupun kanker anus.

Nah, di atas merupakan beberapa fakta tentang vaksin HPV yang jarang diketahui. Setelah saya berkunjung ke klinik pandawa untuk mendapatkan suntikan vaksin HPV, saya merasa puas dengan hasil yang saya dapatkan. Sebab vaksin tersebut memang tergolong mampu dan efektif untuk menghindari timbulnya penyakit menular seksual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.